BELAJAR ALPRO

Apakah belajar memrogram sama dengan belajar bahasa pemrograman ? Ini pertanyaan yang selalu muncul dibenak mahasiswa ketika mempelajari algoritma pemrograman. menurut slide yang diberikan oleh dosen saya dapat dijelaskan bahwa :



  1. Belajar memprogram adalah belajar tentang strategi pemecahan masalah, metodologi, dan sistematika pemecahan masalah kemudian menuangkannya dalam suatu notasi yang disepakati bersama. Belajar memprogram lebih bersifat belajar pemahaman persoalan, analisis, dan sintesis. 
  2. Belajar bahasa pemrograman adalah belajar memakai suatu bahasa, aturan sintaks (tatabahasa), setiap instruksi yang ada dan tata cara pengoperasian kompilator bahasa yang bersangkutan pada mesin tertentu. Lebih lanjut, belajar bahasa pemrograman adalah belajar untuk memanfaatkan instruksi-instruksi dan kiat yang dapat dipakai secara spesifik hanya pada bahasa itu. Belajar pemrograman lebih bersifat keterampilan.
  3. Proses memprogram adalah proses yang memerlukan kepakaran. Termasuk di dalamnya adalah memilih merancang paradigma dan merancang strategi pemecahan masalah. Pengkodean merupakan bagian dari proses memprogram. Yang dilakukan pada proses pengkodean merupakan proses translasi algoritma ke dalam bentuk program dengan bahasa pemrograman tertentu. Pengajaran pemrograman titik beratnya adalah membentuk seorang perancang (designer) program, sedangkan pengajaran bahasa pemrograman adalah membentuk seorang coder. Pada kenyataannya belajar memprogram dan belajar bahasa pemrograman tidak bisa dilepaskan satu sama lain. Seorang pemrogram harus membuat rancangan program yang mungkin ditranslasikan ke bahasa pemrograman.
Nah sekarang sudah tahukan perbedaannya. Semoga bermanfaat !




2 comments: