PTI Task 1


Berikut merupakan tugas pertama saya di mata kuliah "Pengantar Teknik Informatika" dan postingan ini merupakan postingan pertama saya ditahun ini. Semoga nilainya memuaskan, Amin !
  • How about Indonesia ?
Perkembangan ilmu dan teknologi dalam bidang informatika menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Bidang-bidang tersebut memegang peranan penting diberbagai kehidupan sehari-hari dalam bidang pemerintahan, perbankan, pendidikan dan transportasi. Di lain pihak jumlah tenaga ahli dalam bidang-bidang informatika tersebut yang benar-benar menguasai seluruh permasalahan di bidang informatika masih dianggap belum memadai. Padahal kebutuhannya di bidang industri, penelitian, maupun di bidang pendidikan teknologi komputer masih sangat besar. Termasuk di Indonesia, dapat kita lihat dari banyaknya lulusan universitas khususnya yang memilih bidang informatika lebih memilih untuk bekerja di luar negeri daripada di dalam negeri, mengapa ? Ini diakibatkan oleh kurangnya sumber daya yang dapat mengembangkan pola pikir mereka untuk menciptakan hal yang baru, hal ini yang kini memperburuk keadaan negara kita. Pemerintah pun menurut saya acuh tak acuh melihat problema ini, ada emang beberapa tapi hal itu tidak sepenuhnya mendukung. Dulu Guru saya pernah bercerita, beliau merupakan lulusan ITB dan melanjutkan S2 nya ke luar negeri, ceritanya begini, beliau berkata "tau tidak kenapa saya dulu melanjutkan S2 ke luar negeri ?" serentak kami (saya dan teman-teman) bilang tidak "tau pak !!" "karena saya mau mencuri ilmu pengetahuan yang mereka punya, dan mengolahnya dan merealisasikan ilmu tersebut ke Indonesia anak-anak sekalian" serentak kami terdiam, lanjut beliau "jadi klo kalian sudah S2 lanjut ke luar negeri aja ya .. " serentak kami ribut "gak ada duit pak" "caranya gimana pak ?" "emang kami bisa pak ?" bertubi2 pertanyaan dilontarkan. jadi menurut saya perkembangan jalur karir di Indonesia khususnya dalam bidang informatika sangat-sangat memadai tinggal dukungan dari pemerintahnya yang sekiranya dapat membantu, sehingga sumber daya terpenuhi.
  • Which Computer Science career path is the most promising for the next 5-10 years ?
Tahun ke tahun perkembangan teknologi semakin pesat, semuanya bakal serba praktis dan mudah, pekerjaan kita bakal digantikan oleh robot, transportasi antar planet, menjalin silaturahmi dengan alien  dll. Dan semua  itu merupakan hasil dari inovasi-inovasi dari para pengembang yang mana dapat kita lihat dari semakin pesatnya pengguna ilmu pengetahuan khususnya di bidang IT. Jadi pekerjaan seperti Programmer, System Engineer, Network Administrator dsb. sangat menjanjikan di masa depan, IT bakal menguasai dunia ...
  • What is your SWOT ?
 - Strengths      : Mampu di bidang desain web, mudah menangkap segala informasi
 - Weaknesses : Tidak percaya diri, sulit untuk beradaptasi
 - Opportunities : Entrepreneur, Programmer, Web Designer. Amin !
 - Threats          : Saingan yang jago, komunikasi tingkat dewa
  • What is your grand strategy to deal with those facts ?
Merujuk dari SWOT di atas jadi sekiranya strategi yang harus saya susun adalah mengurangi bahkan menghilangkan kelemahan yang saya miliki dan mengoptimalkan bahkan menambahkan kekuatan saya, dan menghadapi dan mengalahkan ancaman dari prospek kerjanya sehingga peluang yang kita impikan dapat kita raih dan orang tua pun bangga. 

No comments:

Post a Comment