PTI Task 2

Berikut merupakan tugas kedua saya di mata kuliah "Pengantar Teknik Informatika" dan postingan ini merupakan postingan kedua saya ditahun ini. Semoga nilainya memuaskan, Amin !
Soal
1. berikan tiga contoh hubungan data, informasi dan pengetahuan ?
    jawab
Sebelum menjawab, terlebih dahulu kita harus mengetahui definisi dari ketiga kata tersebut.
  • Data
Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra (Sumber Wikipedia). Dan jika kita sisihkan ke poin-poin maka terdiri dari :
a. fakta, 
b. rangkaian fakta yang mewakili suatu kejadian, 
c. fakta singkat, 
d. simbol yang terekam
  • Informasi
Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Hal ini dapat dicatat sebagai tanda-tanda, atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang. Informasi adalah jenis acara yang mempengaruhi suatu negara dari sistem dinamis. Para konsep memiliki banyak arti lain dalam konteks yang berbeda.[1] Informasi bisa di katakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi [2]. Namun demikian, istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan, negentropy, Persepsi, Stimulus, komunikasi, kebenaran, representasi, dan rangsangan mental (Sumber Wikipedia). Dan jika kita sisihkan ke poin-poin maka terdiri dari :
a. Hasil pemrosesan data,
b. Data yang terkumpul, terproses dan bermakna,
c. Properti terstruktur hasil dari proses data,
d. Data yang memiliki arti,
e. Data dalam suatu konteks
  • Pengetahuan
Pengetahuan adalah informasi atau maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Pengetahuan termasuk, tetapi tidak dibatasi pada deskripsi, hipotesis, konsep, teori, prinsip dan prosedur yang secara Probabilitas Bayesian adalah benar atau berguna. Dalam pengertian lain, pengetahuan adalah berbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan akal. Pengetahuan muncul ketika seseorang menggunakan akal budinya untuk mengenali benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya. Misalnya ketika seseorang mencicipi masakan yang baru dikenalnya, ia akan mendapatkan pengetahuan tentang bentuk, rasa, dan aroma masakan tersebut (Sumber Wikipedia). Dan jika kita sisihkan ke poin-poin maka terdiri dari :
a. Hasil internalisasi informasi, 
b. Informasi yang tersimpan tentang area perhatian tertentu, 
c. Informasi dengan arah atau maksud yang mendukung suatu keputusan atau aksi,
d. Hasil perkembangan dari hubungan orang dan hal yang dipahaminya,
e. Hasil dari memahami informasi

Berikut contoh hubungan dari data, informasi dan pengetahuan,

a. Data             : perut bunyi tidak karuan
    Informasi      : lapar
    Pengetahuan : sebaiknya mencari makanan untuk dimakan

b. Data             : asap, bau hangus
    Informasi      : kebakaran
    Pengetahuan : menyelamatkan apa saja yang ada di dalam tempat kebakaran

c. Data             : kosan banyak sampah, berdebu
    Informasi      : kosan tersebut kotor 
    Pengetahuan : sebaiknya membersihkan kosan agar bersih dan nyaman

No comments:

Post a Comment